Ekonomi Digital Era Revolusi Industri 4.0 (Riana A, Simarmata, Manajemen 2016)


                     
Kita tahu bahwa ekonomi digital saat ini tentunya berada diambang revolusi teknologi yang akan mengubah kita dalam cara hidup, bekerja, dan bersosialisasi satu sama lain. Oleh sebab itu, kita perlu merespon terhadap perubahan tersebut. Karena pada kenyataannya kemajuan teknologi menawarkan berbagai alternatif baru dalam interaksi baik dengan individu maupun masyarakat, termasuk dalam aktivitas perekonomian dan perdagangan. Namun, apakah perkembangan ilmu ekonomi digital mampu mendorong setiap kita sebagai pelaku ekonomi untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi nantinya?!?!?!
Ekonomi digital adalah aktivitas ekonomi dan bisnis yang berbasis pada teknologi digital atau dengan kata lain, pelaksanaan ekonomi dapat dilakukan melalui pasar yang berbasis internet dan world wide web(www). Aktivitas  ekonomi yang dimaksud dapat berupa hiburan, layanan kesehatan, pendidikan, jasa finansial, dan perbankan. Ada beberapa hal penting yang harus kita ketahui ketika berbicara mengenai ekonomi digital yaitu ; Pertama, informasi digital yang menjadi sumber utama dalam perencanaan strategis. Kedua, ketersediaan jaringan(network) yang memiliki peran penting dalam tata kelola aktivitas ekonomi dan sosial. Ketiga, teknologi digital sebagai  penyediaan data dan metode yang dibutuhkan dalam meningkatkan nilai produk, jasa , maupun pola interaksi antar berbagai pihak. Suatu negara dikatakan berkembang Ekonomi Digital-nya ditandai dengan semakin maraknya berkembang bisnis atau transaksi perdagangan yang memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi, kolaborasi, dan kooperasi antar perusahaan atau pun antar individu. Lihatlah, bagaimana maraknya perusahaan-perusahaan baru maupun lama yang terjun ke dalam format bisnis elektronik e-business dan e-commerce. 

Saat ini di Indonesia, transaksi digital semakin berkembang. Penggunaan E-banking dalam transaksi ekonomi semakin berkembang pesat. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia juga ikut bersaing dalam dunia ekonomi digital. Economist Intelligence Unit merilis urutan negara-negara berdasarkan perkembangan ekonomi digital suatu negara. Indonesia menempati urutan 65(enam puluh lima) dari 70(tujuh puluh) negara. Pengurutan ini didasarkan beberapa segi yakni konektifitas, lingkungan bisnis, lingkungan sosial dan budaya, lingkungan hukum, kebijakan dan visi pemerintah serta konsumen. Indonesia sendiri memperoleh nilai 2.60 untuk konektivitas, 6.04 untuk lingkungan bisnis, 3.60 untuk lingkungan sosial dan budaya, 4.20 untuk lingkungan hukum, 3.88 untuk kebijakan dan visi pemerintah, 2.55 untuk segi konsumen. Secara keseluruhan Indonesia memperoleh nilai 3.60.
Meskipun perkembangan pengguna internet di Indonesia mulai meningkat. Namun, tidak menjamin banyaknya jumlah konsumen dalam transaksi ekonomi digital. Hal ini disebabkan masyarakat Indonesia lebih banyak menggunakan internet untuk bermain game ataupun bersosialisasi dengan jejaring sosial. Selain itu masih kurangnya kepercayaan konsumen dalam melakukan transaksi online. Padahal, pemerintah indonesia ingin menempatkan indonesia sebagai negara digital ekonomi terbesar di asia tenggara pada tahun 2020.
Nah, sebagai mahasiswa kita harus  berkontribusi positif bagi pembangunan ekonomi bangsa. Jangan hanya jadi penonton setia diera digital saat ini. Kita sebagai mahasiswa harus mampu mendorong ekonomi dengan cara menciptakan pekerjaan bagi diri sendiri dan orang lain dengan bekal yang kita miliki dalam kemampuan manajemen dan komputer. Sebagai pengguna internet , kita juga harus lebih banyak menggunakan internet untuk hal positif. Seperti mencari informasi ; bagaimana caranya memulai bisnis digital yang baik, membuka bisnis online baik dibidang makanan, fashion, kecantikan, kesehatan, bersosialisasi dengan orang luar, dsb.  Karena informasi mengalir dengan sangat deras dimasa serba internet.  Begitu banyak yang dapat kita lihat, baca , dan dengar di internet. Mari wujudkan keinginan pemerintah indonesia untuk menjadikan indonesia menjadi negara ekonomi digital terbesar di asia tenggara.
HIDUP MAHASISWA!!!
Daftar pustaka :




Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAHASISWA KRISTEN: AGEN ATAU KONSUMEN??? (Ditulis oleh ESRA SHINTIA D. PANGARIBUAN)

Resume Diskusi: Visi dan Misi USU

Kajian: Lulus Kuliah Sudah Tau Mau Kemana?