SENTIMEN ENTREPRENEURSHIP DI ERA DIGITALISASI

Oleh : Haposan Gabriel L Tobing

Wirausahawan didefinisikan sebagai orang yang memiliki kemampuan dan keinginan untuk menciptakan, mengelola, dan berhasil dalam memulai bisnis dengan risiko terkait untuk menghasilkan keuntungan. Contoh terbaik dari kewirausahaan adalah memulai bisnis baru. Pengusaha sering dikenal sebagai sumber ide atau inovator baru, dan membawa ide-ide baru ke pasar dengan mengganti ide-ide lama dengan penemuan-penemuan baru.

Perkembangan teknologi dalam arti digital saat ini sangat pesat.Pada  era digital saat ini  manusia secara keseluruhan memiliki cara hidup baru yang tidak terpisahkan Peralatan elektronik lengkap. Teknologi adalah alat yang dapat membantu beberapa orangn kebutuhan manusia yang besar. Teknologi telah digunakan oleh manusia untuk memfasilitasi kinerja setiap tugas dan pekerjaan.Sebagai mahasiswa hal ini dapat dijadikan peluang dalam pemanfaatan ilmu entrepreneurship dalam teknologi yang ada dan dilakukannya penguasaan  ingin memulai bisnis di dunia digital, secara langsung atau tidak langsung,  akan menghadapi banyak istilah baru dan bahkan keterampilan baru yang dibutuhkan dalam bisnis digital.

PEMBAHASAN

Kewirausahaan di era digital ini didorong oleh semakin beragam dan beragamnya produk dari pesaing, layanan yang lebih cepat,  mudah diakses, dan dapat diakses, serta peningkatan cara kolaboratif untuk terlibat dalam kewirausahaan,

Bisnis yang dijalani haruslah  menjadi lebih efektif dan efisien. Era digital menawarkan  berbagai sumber daya baru yang tersedia bagi wirausahawan, seperti kemudahan menemukan berbagai informasi, pengumpulan data,  pembuatan konten yang menarik, dan permintaan akan produk dan  layanan yang terus meningkat.  beradaptasi dengan dinamika pasar yang berubah, menggunakan jaringan yang berbeda, tindakan pada platform yang berbeda, fungsi aplikasi berdasarkan kecerdasan buatan .Hal ini juga memberikan dampak yang siginifikan bagi Indonesia dimana lebih dari 171 juta pengguna internet, Indonesia adalah salah satu pasar online terbesar di dunia. Hingga Juli 2021, penetrasi online di Tanah Air mencapai sekitar 70 persen. Aktivitas online yang populer termasuk perpesanan seluler dan media sosial. Jejaring sosial paling populer di Indonesia adalah YouTube, dengan sekitar 94 persen populasi online menggunakan platform tersebut. Penggunaan internet seluler sedang mengalami tingkat pertumbuhan dua digit dan saat ini mencapai lebih dari 64 persen di antara populasi.

Sebagai generasi muda khusunya mahasiswa   haruslah bisa melakukan entrepreneurship tersebut  dan memberikan cara-cara yang dapat memberi manfaat

  1. Buat rencana keuangan. menjalankan bisnis online jarak jauh. Pasti lebih murah dari toko offline Dianggap sebagai penghindaran saat keluar dari pasar tradisional (offline)pengeluaran yang tidak perlu.
  2. Mengidentifikasi kekuatan bisnis saat ini dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahannya. Hal ini merupakan hal penting karena dapat membantu dalam memvisualisasikan dengan lebih baik posisibisnis saat ini yang sesuai dengan pasar danbagaimana memposisikan bisnis saat ini agar berbedadari pesaing.
  3.  Promosikan bisnis  dengan strategi periklanan yang baik. Hal ini didukung oleh tiga aspek utama:Profil Konsumen yang ditargetkan, pembuatan kontenlucu dan bermanfaat

PENUTUP

    Jadi dapat disimpulkan bahwa dunia  kewirausahaan digital, kewirausahaan dipengaruhi dan  harus dilakukan pemanfaatan bisnis dan masyarakat. Prinsip dasar kewirausahaan tetap berlaku dan dapat diterapkan pada dunia digital entrepreneurship.

     Marilah kita mengembangkan semangat wirausaha, kenali peluang bagus, kenali pelanggan , patuhi persyaratan hukum, dan coba kumpulkan modal. Pergeseran mendasar dalam kewirausahaan digital terletak pada upaya untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan bisnis dan terhubung dengan masyarakat yang melek digital.


Sumber Links : (Nurhayati-Wolff, 2022)

 https://www.statista.com/statistics/254456/number-of-internet-users-in-indonesia/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAHASISWA KRISTEN: AGEN ATAU KONSUMEN??? (Ditulis oleh ESRA SHINTIA D. PANGARIBUAN)

Resume Diskusi: Visi dan Misi USU

Kajian: Lulus Kuliah Sudah Tau Mau Kemana?